Friday, November 28, 2014

"Maaf" dan "Terima Kasih"

Ini menurut saya pribadi, jadi apabila ada yang kurang berkenan, mohon koreksinya.

Kata yang sangat singkat tetapi sangat susah untuk diucapkan pada saat yang tepat. Tidak banyak orang yang mau mengucapkan kedua kata ("Maaf" dan "Terima Kasih") secara ikhlas ketika memang harus diucapkan kedua kata tersebut. Bahkan ada yang bisa dibilang "gengsi" untuk mengucapkan salah satu dari kedua kata tersebut.
Saya disini bukan bermaksud untuk mengharapkan seseorang disekitar untuk mengucapkan kata-kata tersebut terhadap semua yang saya lakukan atau yang mereka lakukan kepada saya. Tetapi saya disini termasuk orang yang sedang membiasakan untuk mengucapkan salah satu dari kedua kata tersebut pada saat yang tepat, meskipun hal sekecil apapun bila perlu untuk mengucapkannya pasti saya ucapkan.
Bisa dibilang saya cukup berhasil dalam menerapkan pemakaian kedua kata tersebut. Tampak sepele, tapi berarti sangat besar dalam kehidupan saya. Salah satunya mudah bergaul dengan orang-orang disekitar. Kedua kata tersebut menurut saya dapat menunjukkan seberapa sabar seseorang dalam menghadapi masalah. Jadi akan lebih banyak orang yang dekat dengan kita (ditambah sedikit sikap humoris, maka akan terasa lengkap).
Percaya atau tidak, dengan membiasakan diri mengucapkan kedua kata tersebut, dapat mengurangi pemikiran negatif saya terhadap seseorang, atau sebaliknya. Misalnya, ketika ada bantuan sedikit apapun dari seseorang kepada saya, pasti akan saya bilang "Terima kasih" agar orang tersebut pun dengan senang hati karena telah membantu saya tadi (meskipun awalnya terasa berat bagi dia untuk membantu saya -mungkin-). Dan juga saya membuang jauh-jauh pikiran jelek seperti "Ah, cuman bantuan segitu saja kok, tidak kamu bantu pun saya bisa mengerjakan sendiri". Disinilah kata "Terima kasih" bisa membuat kita menjadi semakin dekat dengan orang-orang sekitar kita (menurut saya). Dan juga satu kata lagi "Maaf" yang simple dan singkat, tetapi tidak semua orang dapat dengan mudah mengucapkannya. Dengan kata "Maaf" tersebut dapat juga membuat pikiran negatif orang terhadap kita berkurang. Misalnya, ketika kesalahan sekecil apapun kita lakukan, langsunglah meminta maaf kepada orang yang bersangkutan, sehingga orang tersebut tidak menganggap kita sebagai orang yang menyepelekan masalah.

Kedua kata tersebut sangatlah simple dan mudah diucapkan, tetapi dengan membiasakan diri disertai dengan keikhlasan dalam pengucapannya akan lebih baik dan terasa lebih nikmat bagi yang mengucapkannya.

Itu lah yang dapat saya tulis, berdasarkan apa yang saya rasakan. Jadi apabila ada kekurangan saya minta maaf, dan saya ucapkan juga terima kasih bagi teman-teman yang mau membaca tulisan ini, syukur ada juga yang mau berbagi pengalaman apa saja yang menarik untuk diceritakan :-)

No comments: